Saturday, January 9, 2016

Film Animasi Televisi Jaman Dulu


Jaman dulu masih ingat banget, nonton film animasi tiap sore dan tiap minggu pagi di televisi. Bahkan jaman dulu waktu belum semua rumah punya televisi. Anak-anak ngumpul didepan rumah tetangga yang punya televisi nungguin televisinya dinyalain dan dipersilakan masuk.

Ya, zaman dulu surganya anak kecil itu di televisi, setiap sore hari dan Minggu pagi pasti ada kartun yang bikin betah mantengin televisi. Seneng banget kalau
Hari Minggu, dari pagi sampai siang kita bisa nonton film animasi. Gak kayak sekarang, acara televisi kalo gak sinetron ya acara musik yang..., yah begitulah. Gak tahu sekarang porsi anak kecil di televisi semakin terkikis. Berikut ini beberapa film animasi yang dulu pernah jaya di hati anak-anak.

Inuyasha

Berawal karena nyebur ke sumur tua di deket rumahnya, bukannya basah, Kagome malah masuk ke dunia lain dan ketemu siluman anjing bernama Inuyasha. Lalu, mereka berdua mencari pecahan bola empat arwah meski masih suka gak akur, padahal saling suka.

P-Man

Enak kali ya kalo bisa terbang kayak P-Man, ke mana-mana tinggal terbang. Berangkat ke sekolah/kampus tinggal terbang, berangkat ke rumah pacar tinggal terbang. Gak kena macet kayak di Jakarta.

Ninja Hatori

Bohong kalo kamu udah lupa sama kartun Ninja Hatori, minimal masih inget sama opening song-nya deh. Ninja lucu yang suaranya serek-serek basah, tapi gak mirip Ariel. Dia punya anjing ninja lucu namanya Shishimaru, dan tinggal di keluarga Mitsuba untuk membantu Kenichi yang sering digangguin Kimimaki.

Sailor Moon

Seorang gadis berpakaian sailor (sera fuku, seragam sekolah atau seifuku untuk siswi Jepang yang diadaptasi dari seragam pelaut) mengejar seorang lelaki bertuksedo dan memakai topeng. Keduanya bertarung untuk mencari Kristal Perak (Silver Crystal) yang ternyata tidak ada di tangan sang pemuda.
Usagi yang terinspirasi akan kepahlawanan Sailor-V, berniat menjadi pahlawan seperti jagoannya. Hal itu terkabul saat bertemu dengan seekor kucing yang bisa berbicara bernama Luna serta membuat Usagi berubah menjadi Sailor Moon. Perjuangan melawan pasukan kejahatan tidak sendiri, perlahan Usagi menemukan teman baru yang juga termasuk pengawal kerajaan Bulan. Pada awalnya Sailor Moon memiliki empat teman termasuk Sailor-V yang ternyata adalah Sailor Venus, kepala pengawal kerajaan. Perlahan-lahan sejalan dengan cerita, dia bertemu dengan "Sailor" lainnya hingga bertemu dengan anaknya pada masa depan, Chibiusa (pada versi Sailormoon Super).
Setelah berbagai pertempuran hingga membangkitkan kekuatan bintang mereka, Sailor Moon bertemu dengan "Sailor" dari galaksi lain.
Hampir semua musuh yang dilawan berbasis pada nama bulan seperti Half Moon, Dark Moon, Death Moon, dan lain sebagainya. Musuh-musuh yang dilawan pasukan "Sailor" tersebut berasal dari semua kekuatan kejahatan yang mengincar Kristal Perak, yang diduga memiliki kekuatan tak terhingga.

Ranma ½

Lucu nih, kartun yang nyeritain tentang Ranma, pebela diri setengah cowok, setengah cewek, tapi gak bisa dibilang banci juga. Soalnya Ranma kalo disiram air dingin berubah jadi cewek, tapi kalo disiram air panas jadi cowok.

Detective Conan

Siapa coba yang bisa lupa sama Shinici Kudo? Detektif SMA yang membantu kepolisian untuk memecahkan banyak kasus pembunuhan. Setelah tubuhnya mengecil dia nyembunyiin identitasnya jadi Conan Edogawa supaya gak ketauan sama para penjahat, khususnya gadis pujaannya Ran Mouri. Dan dia membantu Kogoro Mouri, ayahnya Ran, untuk memecahkan kasus dari belakang layar.

Dragon Ball

bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.
Keterangan: Dragon Ball adalah 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang di dalamnya, apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati.
Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma.

No comments:

Post a Comment